Mudahnya Menanam sawi di lahan Sawah

 Sawi merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi di negara kita Indonesia ini. Bisa ada di bakso, mie ayam, tumis-tumisan dan berbagai hidangan sayur lainnya.

Tanaman ini memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda jika kita lihat di pasaran, ada sawi hijau biasa, sawi hijau pahit, sawi minyak dan sawi yang berdaun lebar namun metode tanamnya tetap sama.

Tertarik menanamnya di rumah? Cara Menanam Sawi sebenarnya tak butuh lahan khusus, begitu pula teknik penanaman dan metode perawatan.

Persiapan Cara Menanam Sawi

  • Lahan


Sawi tumbuh subur di daerah dingin dan panas, tetapi ada kriteria tertentu. Tanaman harus berada di lahan terbuka dengan sinar matahari penuh jika bercocok tanam di daerah dingin, sedangkan berada di lahan terbuka yang tak kena sinar matahari jika bercocok tanam di daerah panas.

Tanaman sawi tumbuh subur di tanah kaya senyawa organik yang lembab dan cepat serap air.
Tambahkan kompos ke permukaan tanah sebelum menanam, kemudian tabur kembali kompos pada pertengahan musim.
  •  Waktu penanaman
Sawi termasuk jenis sayuran yang menyukai iklim dingin, namun cepat menjadi bibit pada iklim hangat. Disarankan mulai menanam jelang datangnya musim panas dengan temperatur suhu sekitar 45-75 derajat Fahrenheit.

Sebaiknya tanam benih 4-6 minggu sebelum berakhirnya musim dingin. Cara Menanam Sawi sebenarnya tak butuh perantara apapun, benih cukup tanam langsung di lahan hingga bibit tunas tumbuh.

Disarankan tidak menanam dalam bentuk bibit alias transplantasi dari pot ke lahan yang justru butuh waktu adaptasi lebih lama.

  • Penanaman & jarak
Tanam benih ke tanah sedalam 1/2 inci dengan jarak 4 inci antar benih. Lakukan pemangkasan pada sawi yang sukses tumbuh subur sehingga antar tanaman terpisah jarak 12-18 inci. Jarak antar baris tanaman 18-30 inci, namun semua tergantung pada varian sawi yang ditanam.

Sawi tak cocok tanam via transplantasi bibit, namun jika ingin menanam benih ke bibit secara indoor lalu dipindah ke outdoor maka harus memakai pot kertas agar proses pemindahan dan penanaman bibit ke lahan terbuka tak mengalami kendala apapun.
  •  Penyiraman
 

Tak sulit membuat tanaman sawi tetap tumbuh subur, cepat dan lembut. Pastikan tanah tetap lembab merata dengan penyiraman ringan.Pertumbuhan tanaman melambat pada saat tertentu sebagai akibat dari kemunculan bibit baru.
Jangan biarkan sawi terkena paparan sinar matahari lebih dari 8 jam sehari yang justru mengganggu pertumbuhan tanaman.

Panen Sayur Sawi

Masa panen bisa dimulai sekitar 50-80 hari usai penanaman benih untuk pertama kalinya. Potong saja dari bagian atas sampai hampir menyentuh bagian dekat tanah. Lakukan panen sebelum musim hujan mulai tiba.
Berdasar uraian diatas, maka ditarik kesimpulan bahwa Cara Menanam Sawi itu sangat mudah untuk seorang pemula sekalipun.Malahan tak ada metode penanaman khusus, benih langsung tanam ke lahan tanah atau pot dengan intesitas penyiraman dan pemupukan secukupnya. 

SELAMAT MENCOBA !!!

Belum ada Komentar untuk "Mudahnya Menanam sawi di lahan Sawah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel